Wawancara Jam Mekanik

Seperti belum terobati penyesalan saya yang telah menghilangkan jam tangan (alm) Ayah saya, untuk itu saya coba mencari tahu apa yang terjadi dan sejarahnya itu (Jaman ketika alm Ayah masih muda) tapi sayang susah sekali untuk mencari tahu karena sahabat atau teman sebaya yang sehobi dengan (alm) Ayah entah dimana bahkan banyak yang sudah tiada. Beruntung saya bertemu dengan Bapak Ali seorang tukang servis jam mekanik di depan Departement Store Ramayana Bandar Lampung yang menurut saya beliau tahu perkembangan jam tangan jaman dulu, walau usianya lebih muda dari alm Ayah tapi beliau tahu masalah jam mekanis, usia beliau sekarang kurang lebih 50 tahun. Karena tahu mengenai seluk beluk jam mekanik beberapa kali setiap bertemu beliau saya selalu mengajukan pertanyaan kepadanya. Berikut rangkuman wawancara tim jam kesayangan dengan Bpk Ali…

Jam Kesayangan              : Selamat siang pak Ali

Pak Ali                                  : Selamat siang juga mas Kus

Jam Kesayangan              : Ada yang mau saya tanyakan nih pak Ali,  maaf ganggu

Pak Ali                                : Iya iya gpp silahkan….(sambil beberes jam-jam dan peralatan)

Jam Kesayangan              : Sejak tahun berapa pak Ali bekerja sebagai tukang servis jam

Pak Ali                                : Wah sudah lama mas Kus kurang lebih sejak tahun     1967 saya sudah ikut Ayah saya servis jam nah…pada tahun 73 saya sudah servis jam sendiri..

Jam Kesayangan              : Oh iya pak Ali belajar dari mana sampai bisa dan mahir servis   jam-jam   mekanis seperti ini..?

Pak Ali                         : Saya belajar otodidak mas dan dapet ilmu dari (alm) Ayah saya, Ayah saya dulu di sini paling terkenal sebagai tukang servis jam mekanis jam tangan mau pun jam dinding, sejak kecil saya sudah kenal jam-jam mekanis sudah kayak makanan sehari-hari, setelah Ayah saya meninggal usahanya saya teruskan ya bisa dikatakan ketrampilan warisan begitulah kurang lebih.

(Pak Ali sedang sibuk)

Jam Kesayangan              : Bukannya susah pak belajar servis jam mekanis..?

Pak Ali                         : Sebenarnya sangat mudah kalau ada kemauan, ya… saya bisa karena terbisa dan juga kemauan kuat untuk belajar. Jam mekanis ini mudah kok untuk dipelajari logikanya juga bisa kita tangkap beda merk paling beda dikit doang! Asal pinsip dasarnya kita sudah paham tentang pergerakan mesin jam kita bisa pelajari. Tidak seperti jam jenis quartz ada IC nya ada beberapa baterainya wah ribet! Malah saya lebih suka servis jam mekanis bisa ditelusuri apanya yang rusak dan gak berfungsi dan masih bisa di perbaiki asal tidak aus saja! Atau patah as-nya itu pun masih bisa kita akalin dengan di las atau ganti part-partnya, kalau jenis quartz sudah kena IC nya wah paling ujung-ujungnya ganti mesin.

Jam Kesayangan           : Oohh begitu ya.ya…. terus pada waktu itu sekitar tahun 70 an ada merk jam apa saja ya pak ? dan merk apa yang paling terkenal..?

Pak Ali                         : Kalau merk banyak sekali sampai sekarang pun masih banyak yang beredar seperti Jam Seiko, Orient, Citizen, Mido, Rado, Omega, Eterna, Pontiac, Tissot, Universal, Cyma, Enicar kalau Titus, Titoni, Boluva itu model dan mesinnya hampir sama mas!, Patek sangat jarang di temui karena jam mahal. Saya juga pernah servis jam Rolex, Breitling, Tagheur dan masih banyak lagi kalau merk jam mungkin sampai ratusan merk. Kalau di sini yang paling terkenal sih waktu itu Rolex semua orang pasti tahu…. pada tahun 73 masuk Seiko quartz kalau Titus cs sudah termasuk sedang lah…nah kalau Patek, Breitling itu untuk yang higs class

Jam Kesayangan           : Kalau merk Titus gimana pak waktu itu…?

Pak Ali                               : Wah merk ini kayaknya paling sering saya servis bukan jamnya yang jelek tapi memang banyak orang yang pake, dulu orang pakai jam Titus saja sudah bangga! Jenis dan model jam Titus juga sangat banyak saya sendiri sampai tidak tahu seri-serinya tapi yang jelas jam Titus cukup kuat mesinnya juga bagus biasanya pake ETA nah! Paling dari seri mesinnya bisa dilacak! tapi ada juga ganti model tapi seri mesinnya sama dengan model yg lain gitu .Yang jelas jam Titus waktu itu sudah kerenlah…..Sekarang aja mas Kus pakai jam Titus! Keren gak atau nggak mas…hehehe..

(Pak Ali sedang sibuk…)

Jam Kesayangan           : Hehehe pak Ali bisa aja ya..ya… saya senang kok pakai Titus ..kalau model seperti apa yang paling banyak di gemari pak…?

Pak Ali                            : Wah kalau model saya kurang begitu perhatiin mas, soalnya kalau lagi model bulat semua merk nguarin model bulat, ada model kotak pada ikut semua model kotak Cuma yang agak lain itu merk Rado dia punya ciri2 khusus…

Jam Kesayangan              : Terus dari sebanyak merk jam mekanis itu kebanyakan yang sering rusak atau yang Bapak dandang itu apanya pak?

Pak Ali                                  : Rusak sih macam2 tapi paling banyak sih per rambutnya kendur, ada juga memang mesin jam sudah banyak yang aus, tapi banyak juga yang gak rusak Cuma dicuci dan diminyaki soalnya serpihan hasil gesekan mesin juga terkadang menghambat laju putaran mesin.

Jam Kesayangan           : Apa semua jam mekanik yang rusak bisa didandani?

Pak Ali                            : Pada prinsipnya sih bisa tapi dilihat kondisinya juga jika as nya sudah patah, terus banyak roda yang patah dan aus apalagi kondisi mesin banyak yang berkarat sangat susah untuk bisa kembali normal seperti semula. Kalau saya biasanya bicarakan dulu sama customer saya tentang kondisi jamnya…misalnya: pak ini pernya patah, rodanya ada yang aus…kira2 kalau didadan biayanya segini? Gimana pak? Kalau customer ok! berapa pun kerjakan saja, baru saya kerjakan

Jam Kesayangan              : Memang jam tangan jaman dulu sekitar tahun 60-an ada jenis jam apa saja pak…?

Pak Ali                                 : Kalau se-ingat saya sih dulu semua jam jenis mekanik (pake mesin/tanpa baterai) baru sekitar tahun 73 baru ada jam jenis baterai setahu saya dulu pertama jam jenis baterai (quartz) itu merk Seiko…

Jam Kesayangan              : Setelah sekian lama mengeluti bidang ini menurut Bapak gimana kualitas merk2 jam jaman dulu dibanding dengan merk2 jam produksi jaman sekarang?

Pak Ali                                  : Wah saya malah gak tau merk yang baru mas Kus! Paling merk2 dulu yang sekarang masih produksi harganya wuihh mahal! Setahu saya kalau ada jam yang baru rata2 jam tiruan atau replika Seiko, Rolex, Mido dll tapi itu menurut saya lho (ini yg saya tahu dan liat lho mas kus). Tapi kalau jam jaman dulu tahu 50-80 an kalau sampai sekarang masih ada dan hidup bisa di pastikan jam itu jam asli dan jadi jam antik, karena memang kalau saya amati jam jaman dulu bahannya kuat gak gampang patah berkarat dan sebagainya pokoknya awet dan kokoh sekali lagi itu menurut saya lho mas Kus!

Jam Kesayangan           : Dalam sehari Pak Ali bisa servis jam mekanik berapa…?

Pak Ali                               : Wah gak tentu tapi kalau di rata-rata ya 5-10 jam lah…..kalau lagi banyak aku bisa bekerja sampai malam tapi setiap hari Jumat aku bekerja di rumah seorang kolektor jam antik, jumlah jam tangan dan jam dindingnya lebih dari seratus! Untuk jam dinding saya puter satu2, jam tangan juga saya cek kalau ada yang rusak saya bongkar, hari minggu saya kerja di rumah.

Jam Kesayangan              : Kejadian atau moment apa yang berkesan bagi Bapak selama bergelut dengan jam mekanik ?

Pak Ali                                  : Wah kalau mengenai jam saya malu mas dari kecil umur 5 tahun saya sudah ikut ortu ke pasar sampai saya gak mau sekolah karena seneng liat orang servis jam..beruntung akhirnya sekolah juga..Wah moment apa sih mas gak ada biasa-biasa aja, paling saya inget kalau gak salah tahun 1962 ada ASEAN GAME di Indonesia souvenirnya jam Titus masih ada apa gak ya sekarang jamnya aku sih pernah liat tuh!

(Jam Titus ASEAN GAME yang dimaksud Bpk Ali)–bukan koleksi jamkesayangan–

Jam Kesayangan              : Oh iya ada itu pak!…Baiklah pak Ali terima kasih banyak nih untuk info2nya kapan2 disambung lagi…

Pak Ali                                  : Sama-sama mas Kus…iya sering2 main aja mas…..

16 Comments

  1. July 16, 2010 at 7:29 am

    Wah cukup menarik, klo jam orient dan citizen mesinnya ETA jg ya?

    • July 16, 2010 at 7:44 am

      Mesin ETA biasanya di gunakan oleh jam-jam produksi Swiss…. Orient dan Citizen produk Jepan biasanya memakai mesin Miyota…tapi klo ada Orient yang memakai mesin ETA mungkin saja ada pada kasus tertentu tapi saya jarang menemui…
      Terima kasih…

  2. July 22, 2010 at 8:07 am

    Pengalamanku paling susah kalo servis jam tiruan, yang ori justru gampang. salam knal.

  3. July 22, 2010 at 10:01 am

    Yaa…Sampai saat ini saya masih Tukang servs jam dan tukang kunci he he. http://www.nurjamansolih.com

  4. samsul said,

    August 7, 2010 at 6:24 am

    Salam kenal pak, saya ingin membeli jam seiko 5 automatik tapi saya rakut ketipu dapat jam tiruan, saya ingin tanya apa ciri jam seiko5 automatik terutama sei snk805k2. Mohon penjelasannya, terima kasih

    • August 7, 2010 at 6:39 am

      Salam kenal balik pak Samsul….klo dari namanya seiko 5, 5 itu artinya (automatic, incablock,hari, tanggal, water resistant) berarti semuanya itu harus ada, tulisan pada cash back/tutup belakang tertulis jelas dan tidak buram, klo dipegang jam terasa agak berat, pada dial/plat terdapat tulisan japan made kecil tetapi jelas….smg menjawab…selamat berbelanja…

      Salam-jamkesayangan

  5. samsul said,

    August 7, 2010 at 6:51 am

    terima kasih penjelasannya, ada hal uh beda dari yg bpk jlskan yaitu karena cash back model kaca jadi kelihatan mesinnya bergerak memang ada tulisan water resistant, merk jam(SEIKO) no mesin 7s26 tapi tgk ada japan. Sedangkan mesinnya terdapat tulisan di bandul Seiko time corp, di bagian lain juga ada tulisan Seiko, apakah seperti yg saya jabarkan menandakan bahwa jam tersebut seiko japan dan ada garansi resmi seiko.

  6. rizky said,

    July 27, 2012 at 4:42 am

    jam saya casio G shock type gw 6900,rusak ic batterynya kl ganti brp ya…& servis di pak Ali bs ga,,,pak ali showroomnya dmn,sekalian sy service jam saya..tks

  7. qomarudin said,

    January 23, 2013 at 1:22 am

    jam saya Alexsander cristie, kalau di pakai bisa2 macet/ga jalan dan kalau di biarkan di meja jalan normal batterynya sudah di ganti baru, apa ya yang rusak, mohon pejelasannya, terima kasih

    • January 24, 2013 at 3:04 am

      Terima kasih sudah berkunjung, apa jam bpk pernah jarumnya lepas dan nyakut?? kemungkinan jam bpk ada yg tidak simetris bagian mesinnya…lebih baik dibawa ke tukang jam yg dipercaya utk dicek dan diperbaiki…tks

  8. roy efendi said,

    April 29, 2013 at 7:38 pm

    slm kenal, nm sy roy dr krian, sidoarjo. maaf mas numpang tnya…mesin OTA n mesin MIYOTA tu maksudnya apa ya? terima kasih

  9. tiwi said,

    April 30, 2013 at 7:19 am

    hallo pak, saya baru saja membetulkan jam tangan seiko saya. Dikarenakan roda gigi jam patah. Apa benar biayanya sekitar 300ribu? terima kasih

    • May 28, 2013 at 4:42 am

      Terima kasih sudah berkunjung, roda gigi patah itu memang hal biasa utk jam mekanik harga memang lumayan mahal…saya sarankan sebaiknya servis ditempat brand jam tersebut klo ada….tks

  10. FjTj said,

    July 28, 2013 at 4:20 pm

    Numpang tanya nih, saya punya jam diding 3 pemutar merk junghans yg skrang udah ga jalan. tpi cuma satu komponen aja nih yg ga jalan cuma gerakan bandulnya selalu berenti di tengah jlan, sdngkan komponen lain mash good lah. Kira” apanya yah yg rusak/harus di ganti?
    Mhon bantuan nya yah.

    • August 15, 2013 at 4:17 am

      Kemungkinan ada gerigi roda yg sudah aus…saya sarankan sebaiknya bawa ke tempat reparasi jam khusus jam mekanik di kota anda…
      terima kasih sudah berkunjung..
      salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: