Tujuan Koleksi Jam Mekanik

Saya pernah baca di suatu blog mengenai tips mengoleksi jam antik yang berisi antara lain :

  1. Perasaan kita sendiri yang menentukan
  2. Beli kondisi yang bagus dan orsinil
  3. Beli dengan harga yang wajar
  4. Jangan terlalu nafsu untuk membeli
  5. Tentukan kriteria dalam mengkoleksi
  6. Kalau mau investasi pilihlah jenis yg memang punya prospek investasi
  7. Tips terakhir….kalau bisa sih pilih hobi yang lain saja

(dari: galeri Marga)

Itu tips pada saat kita akan mengoleksi jam antik. Tapi bagaimana tips setelah mengoleksi jam antik agar lebih bermanfaat…?Setelah sekian lama menjalani hobi mengumpulkan jam antik terbesit di pikiran saya untuk apa jam sebanyak ini nantinya? Iya kalau cuma 3 sampai 5 buah mungkin masih sempat untuk kita pakai bergantian tapi bagaimana setelah jam sudah lebih dari 30 buah tentu kecil kemungkinan jam koleksi ini bisa kita pakai tiap bulannya walau pun hanya 1 hari.

Memang mempunyai hobi jam antik terkadang mengalami pasang surut; kadang kalau lagi mood dan dana juga ada bisa beli arloji 3 buah bahkan 5 buah dalam 1 bulan, tapi terkadang karena kesibukan dan keterbatasan dana paling hanya 1 buah bahkan tidak beli sama sekali. Tapi kali ini saya tidak akan membahasa tips mengoleksi atau masalah mood hobi jam antik kali ini saya akan membahas untuk apa kira-kira nantinya koleksi jam antik kita. Menurut saya ada beberapa hal tips untuk apa nantinya koleksi jam ini :

  1. Koleksi Jati Diri Kita
  2. Sesuai Tujuan
  3. Up Grade
  4. Wariskan ke Anak
  5. Bagi-Bagi Kepada Orang Yang Istimewa

Sedikit saya akan uraiakan mengenai tips di atas, tapi yang paling utama adalah usahakan koleksi kita mesinnya dalam kondisi normal, walau kondisi casing atau strapnya sudah tidak mulus lagi tapi yang penting fungsi arloji itu sendiri tetap berfungsi normal sebagai penunjuk waktu yang akurat. Setelah arloji kita cek semua dan kondisi mesin sudah normal semua tinggal kita pilah koleksi kita :

1. Koleksi Jati Diri Kita

Dari sekian banyak arloji yang kita punya pasti ada arloji yang paling kita sukai dan sesuai banget dengan selera kita istilah kerennya arloji gue banget! Nah arloji ini perlu di rawat abis karena arloji itu bisa mewakili kita atau sebagai icon diri kita. Ini tentunya sampai kapan pun arloji ini tidak akan anda jual kecuali seleranya sudah berubah atau ada kejadian yang di luar dugaan kita.

2. Sesuai Tujuan

Pertama kita akuisisi suatu arloji biasanya kita sudah tahu untuk apa nantinya arloji itu untuk dipakai, di jual lagi (dalam waktu dekat)  atau untuk hadiah orang lain atau hanya iseng aja yang penting beli dan di simpen berharap arloji itu akan naik harganya atau bahasa kerennya investasi dijual lagi (dalam waktu yang lama). Kalau memang tujuan kita untuk dijual entah dalam waktu dekat artinya beli langsung jual lagi atau beli disimpan beberapa bulan bahkan tahun baru akan dijual kita harus pilih-pilih arloji yang memang bener-bener orisinil dan tipe langka. Ini penting karena belum tentu semua arloji mekanik setelah lama di simpan akan menjadi antik dan harganya mahal kalau kita tidak tahu informasi jenis-jenis arloji mana yang masuk dalam kategori jenis rare atau langka dan antik.

3. Up Grade

Seperti banyak pengalaman para pecinta arloji mekanik antik pada awal-awal pemburuan arloji antik ini tidak mempunyai kriteria tapi asal hajar saja yang penting ada barang langsung beli. Mungkin sudah hukum alam awalnya hanya mampu beli arloji yang kelas low-end sudah itu low-end banyak mungkin berpikiran kepengin naik kelas di jual koleksi low-end tadi dan membeli yang kelas midle walau mungkin sebagian koleksi low-end habis hanya bisa dapat beberapa arloji midle class, seiring waktu berjalan beberapa midle class dijual untuk membeli arloji high class arloji high class di upgrade yang lebih baik begitu seterusnya. Ya ini memang manusiawi seperti pepatah lama berbunyi” semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin, semoga esok lebih baik dari hari ini” semua yang ada di dunia ini berkeinginan untuk tampil lebih baik begitu juga dengan koleksi arloji kita.

5. Wariskan ke Anak

Arloji mekanik ini memang didesain bukan hanya bisa bertahan dipakai dalam waktu pendek tapi arloji jenis ini didesain untuk bisa bertahan dalam waktu yang lama bahkan bisa bertahan lebih dari 50 tahun. Jadi sangat masuk akal jika koleksi arloji kita nantinya akan diwariskan ke anak cucu kita seperti kutipan terkenal ” MANA BENDA YANG INGIN ANDA SIMPAN, APRESIASI DAN PERTAHANKAN UNTUK DITERUSKAN PADA ANAK CUCU; APALAGI SELAIN ARLOJI MEKANIK ANDA?” – KARL- FRIEDRICH SCHEUFELE. Sebuah kenangan yang tak terlupakan yang bisa kita wariskan ke anak cucu kita banyak cerita tentunya dibalik arloji yang kita wariskan baik cerita suka maupun duka selalu terdengar dari generasi ke generasi sangat menggagumkan bukan.

6. Bagi-Bagi Kepada Orang Yang Istimewa

Berbagi adalah hal paling menyenangkan di dunia ini. Dari pada koleksi kita jual dengan harga yang tidak sesuai alangkah baiknya jika arloji kita bagi ke saudara yang kita anggap istimewa. Pilih arloji mekanik kita yang sesuai untuk kita bagi ke saudara dekat kita contohnya bagikan ke Ayah, kakek, kakak, paman, pak de dan saudara kita lainnya. Selain barang yang kita beri bermanfaat juga sangat berkesan berbagi arloji mekanik ini juga merupakan kenang-kenangan yang tak terlupakan. Yang menjadi cerita sebagai apresiasi kepada saudara kita.  Selamat berbagi!

Ini hanya pendapat dan pengalaman pribadi dari jamkesayangan, jika ada yang mau menambahkan silahkan…Semoga bermanfaat…..

Salam

Jamkesayangan

5 Comments

  1. rudy kusmiyanto said,

    January 19, 2013 at 10:19 am

    Ass.mas bro saya ada di jakarta timur.sejak dulu saya senang pakai jam tangan.apapun merek dan tahun pembuatannya,sekarang ini saya kesengsem pengen mengkoleksi jam model lama. Saya mau hunting kira2 di kota mana yg masih banyak pengkoleksi jam antik ya mas bro, mohon informasi thanks. Rudy jakarta timur

    • January 24, 2013 at 3:10 am

      Waslm…terima kasih sudah berkunjung….klo mau hunting di jkt juga masih banyak bro…di pasar baru…batu ceper, tnya2 aja tempatnya biasanya menyelinap…tks

  2. agus sulak said,

    June 12, 2013 at 12:13 am

    Asslmlkm wr wb..pingin main kerumah Bapak.liat koleksinya..siapa tau ada yang cocok untuk saya agar memiliki cukup 4 buah arloji mekanik otomatis..syukur bila saya dianggap saudaranya:paling tidak sayalah yang menganggap Bapak adalah orang istimewa bagi saya…Waslm

  3. dede said,

    September 2, 2013 at 6:00 am

    Wow.. Mantaf kali Ulasannya … semoga semakin sukses …
    Usir hawa panas dan lembab rumah Anda dengan konsep ‘Green Living’; temukan koleksi tanaman dan nikmati gaya hidup green living dengan menanam tanaman buah segar atau tanaman hias nan cantik lewat blog ini, direct order dengan menyebutkan tanaman pesanan anda, http://djonlineshopping.blogspot.com/

  4. Adamas said,

    September 15, 2013 at 1:23 pm

    ada di jawa timur,lumajang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: