Tips Perawatan Jam Mekanik

CARA MERAWATAN JAM/ARLOJI MEKANIS

Penggemar jam tangan antik khususnya jam mekanis/mekanik sepertinya tidak berkurang dari tahun ke tahun malah cenderung meningkat. Berbagai informasi dan artikel mengenai jam ini pun berkembang mulai baik artikel mengenai sejarah masa lalunya atau mungkin berita-berita yang aktual. Pengetahuan mengenai seluk beluk jam atau arloji antik khususnya jenis mekanis ini memang sangat dipengaruhi oleh jam terbang seseorang karena pepatah mengatakan ”pengalaman adalah guru paling baik” semakin lama dan banyak seseorang bergelut dengan jam mekanis tentunya lebih banyak pengalaman dan cerita-cerita mengenai suka duka bergelut dengan jam yang satu ini. Saya sendiri dalam dunia jam mekanis ini masih sangat hijau dan masih banyak belajar. Walau pun sedikit yang Saya ketahui tentang jam ini tapi Saya ingin berbagi pengalaman mengenai perawatan jam mekanis dengan harapan rekan-rekan yang lebih tahu untuk menambahkan kekurangan-kekurangan dalam tulisan ini sehingga bisa bermanfaat bagi penggemar jam mekanis dimana pun berada.

(Iklan jam Titus tahun 57 – jamkesayangan)

Arloji antik mekanis biasanya merupakan arloji kenang-kenangan, jam warisan orang tua bahkan eyang kita, hibah dari seseorang, atau ada yang sengaja memang membeli untuk dipakai dan nantinya bisa diwariskan ke anak cucu atau juga berniat untuk berinvestasi atau sekedar hobi. Apa pun latar belakang memiliki jam mekanis ini ada baiknya kita rawat sebaik-baiknya agar jam kesayangan kita ini tetap jalan normal dan awet.

(jam Titus-jamkesayangan)

Perbedaan jelas jam mekanis ini dengan jam quartz adalah jika tidak di pakai atau tidak diputar jam mekanis ini akan mati. Tergantung sipemilik jam ini memilih untuk di pakai sehari-hari berarti jam tetap hidup atau cukup disimpan di dalam koper (sleep). Nah jika dipakai sehari-hari berikut tips perawatan jam mekanis baik automatic atau manual windding agar awet ada beberapa hal antara lain:

1. Bersihkan jam tangan sehabis dipakai

Hal paling sepele tapi menimbulkan efek yang luar biasa adalah membersihkan atau mengelap jam tangan kita sehabis dipakai apalagi kalau tipe kulit tangan kita yang mudah berkeringat jika dipakai jam hal ini wajib dilakukan. Jangan tunggu nanti langsung begitu lepas jam tangan langsung bersihkan. Sediakan lap khusus untuk membersihkan jam mekanis kesayangan anda memang untuk kita yang super sibuk hal sepele ini kadang terabaikan tapi jika kita memang penggemar sejati jam tangan pasti ini bisa kita lakukan.

2. Usahakan jangan terkena air

Sebaiknya jam jangan terlalu sering terkena air terlebih jam mekanis kita belum memiliki teknologi waterproof apalagi kalau sudah masuk ke mesin jam sebaiknya dibongkar dan di bersihkan. Air membuat efek karat walau pun jam tahan air dan berbahan stainless stell kalau terlalu sering berkarat juga.

3. Usahakan mempunyai beberapa jam

Jam mekanis biasanya jam kesayangan si empunya untuk itu usahakan punya koleksi lebih dari satu agar bisa dipakai bergantian, selain menghindari kebosan juga membuat jam kesayangan kita menjadi awet karena jam mekanis terdiri dari part roda-roda yang saling berkaitan tentunya walaupun jam mekanis kita terbuat dari bahan yang sangat berkualitas hukum alam tetap saja ada yaitu aus karena gesekan jika kita pakai non stop tentunya akan mempercepat juga proses aus tersebut.

4. Sediakan tempat khusus penyimpanan

Sehabis beraktivitas dan melepas jam tangan sebaiknya letakkan jam tangan mekanis kita di tempat bisa menaruh sementara(sediakan tempat khusus bukan tempat penyimpanan permanen) jam hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan misal jatuh, ketimpa barang dsb yang bisa membuat jam kesayangan kita menjadi rusak.

5. Rantai atau strap cadangan

Sediakan gelang jam cadangan baik rantai dari bahan stainless stell, bahan kulit, sintetis atau bahkan berbahan karet tergantung selera yang penting strap modelnya compatible dengan rantai atau strap aslinya. Cara ini untuk menghindari kebosanan dan juga menjadikan rantai asli menjadi awet yang terkadang rusak atau putus karena kena air keringat memang terkadang kita membeli jam ada part cadangan termasuk strap. Jika cadangan strap ini tidak ada sebaiknya kita beli ada beberapa jenis.

6. Pakai jam mekanis sesuai suasana

Pilih jam mekanis kita sesuai acara atau kondisi contoh jika kita mau mendaki gunung gunakan yg strap atau rantainya kuat atau juga mau menemani anak bermain di taman air pilih yang tahan air dsb. Pakai jam mekanis kita tanpa ragu karena jam mekanis dibuat dengan teknologi dan bahan yang kokoh apalagi produksi tahun-tahun dulu jam ini mempunyai ketahan dan kekuatan yang luar biasa yang bisa bertahan sampai puluhan tahun dengan memakai jam tanpa ragu-ragu suatu saat pasti jam mekanis ini punya kenangan manis…semoga.

7. Hati-hati menarik crown

Jam mekanis jika dibiarkan akan mati jika kita ingin memakainya lagi tentu dicocokan jarum jam dan juga tanggal dengan menarik crown dan memutarnya ada beberapa kasus temen kehilangan crown aslinya karena menarik tidak hati terlalu kenceng! Yang akhirnya patah ada baiknya jika crown kita agak macet karena kena debu campur keringat diberi minyak khusus jam tangan kasih beberapa tetes diamkan beberapa saat baru kita tarik dan putar perlahan sebaiknya sebisa mungkin hindari memutar tanggal atau hari secara manual untuk menghindari kerusakan. Ada sebagian penggemar malah menganti crown dengan crown replika yang compatible dengan harapan crown asli tetap terjaga ya itu tergantung selera.

8. Sesekali jam dicuci

Untuk cuci mesin (istilah lubrican/minyak mesin) bisa dilakukan minimal 2 tahun sekali bila jam dipake setiap hari dan untuk cuci rantai tidak terlalu sering sesekali saja cuci casing dan rantai dengan sabun rendah reaktif untuk bahan kulit atau yang sejenisnya yang tidak bisa kena air cukup dilap. Dan di kasih metal polish pada rantai dan casing yang berbahan stainless stell dan sejenisnya untuk melindungi dari karat dan agar terlihat mengkilat.

9. Peralatan yang memadai dan service centre

Gunakan peralatan yang memadai jika kita ingin membuka cash back dan bongkar mesin atau ingin membuka rantai jam untuk menghindari goresan-goresan yang bisa menggangu pemadangan jam anda dan jika terjadi kerusakan sebaiknya bawa pada layanan service ataupun toko jam tangan sesuai merk jam tangan kita (Jika masih ada). Dengan begitu, langkah perawatan akan semakin tepat. Dan jika tidak ada, sebaiknya bawa ke tempat service kepercayaan anda.

Tulisan ini hanya pendapat pribadi dari pengalaman dan berbagai sumber dan saya yakin masih banyak penggemar jam mekanis yang punya pengalaman lain. Untuk itu mohon menambahkan beberapa pengalaman yang dialami pada komentar. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah berkunjung…..

Salam-jamkesayangan

6 Comments

  1. Hari said,

    April 4, 2012 at 1:29 am

    pertama sebagai pengamat,kemudian pecinta,kemudian mengerti,pada akhirnya bisa memproduksi.

    • anjar said,

      June 28, 2013 at 12:33 pm

      Mas hari emg produksi jam ap

  2. surya said,

    June 10, 2012 at 2:56 pm

    tertarik aj sbagai pemakai jam otomatis

  3. Ade Fajar said,

    October 21, 2012 at 2:01 am

    Halo,
    Saya baru mau mencari jam mekanik, Saya baca bahwa jam mekanik yang ada day / date nya tidak boleh dilakukan penggantian day / date diantara 9 PM – 3 AM karena akan merusak sistem mekanisnya. Bagaimana kita tahu bahwa si penjual jam belum pernah melakukan penggantian tanggal di jam2 tersebut? khawatir saja beli jam mekanik mahal2 ternyata sipenjual malah membuat jam tersrbut rusak.
    Mohon petunjuknya

    • October 22, 2012 at 8:40 am

      Terima kasih sudah berkunjung…to Ade Fajar jangan khawatir klo sdh berniat membeli jam mekanik tapi saran saya belilah di dealer resmi sehingga bisa ada garansi dan reperasi resmi…tks

  4. yoyong said,

    March 21, 2013 at 12:02 am

    Ada yg bisa kasih info tukang service jam mekanis yg bisa dipercaya di jakarta ? utk titus, titoni, tissot.
    Makasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: